RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MTs
Negeri
Gantiwarno
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII/Gasal
Materi Pokok : SistemKoordinat
Alokasi Waktu : 10 jam @ 40 menit (4 pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1. Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri,
dalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungan social danalamdalamjangkauanpergaulandankeberadaannya.
3.
Memahami
dan meneapkanpengetahuan (faktual,
konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan,
teknologi, seni, budayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata.
4.
Mengolah, menyaji dan
menalar dalamranahkonkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,
danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolahdansumber lain yang
samadalamsudutpandang / teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.2 Menjelaskan kedudukan titik dalam bidang
koordinat Kartesius yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
|
3.2.1 Memahami Posisi Titik terhadap Sumbu X dan Sumbu Y.
3.2.2 Memahami Posisi Titik Terhadap Titik Asal dan Titik
Tertentu
3.2.3
Memahami Posisi
Garis yang sejajar Terhadap Sumbu X dan Sumbu Y
3.2.4
Memahami Posisi Garis yang berpotongan
terhadap sumbu X dan sumbu Y
|
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius
|
4.1.1
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan posisi letak suatu benda terhadap sumbu x dan sumbu y.
4.1.2
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan posisi letak suatu benda terhadap titik asal dan titik tertentu
4.1.3
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan posisi letak suatu garis yang sejajar terhadap sumbu x dan sumbu y
4.1.4
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
posisi letak suatu garis yang berpotongan terhadap sumbu x dan sumbu y
|
C. TujuanPembelajaran
Pertemuan
Pertama
Peserta didik dapat menentukan Posisi Titik terhadap Sumbu X dan Sumbu Y
Pertemuan
kedua
Peseta
didik dapat menentukan Posisi Titik Terhadap Titik Asal dan Titik Tertentu
Pertemuan
ketiga
Peserta didik
dapat menentukan Posisi Garis yang
sejajar Terhadap Sumbu X dan Sumbu Y
Pertemuan
keempat
Peserta didik
dapat menentukan Posisi Garis yang sejajar Terhadap Sumbu X dan
Sumbu Y
D. Materi Pembelajaran
1.
Materi Regular
Materi
pelajaran tercantum dalam buku Siswa halaman 1 sampai dengan halaman 33
1.
Posisititikterhadapsumbu-x
dansumbu-y
2.
Posisititikterhadaptitikasal
3. Posisigaristerhadapsumbu-x dansumbu-y
2. Materi Pengayaan
a. Menggambar
kedudukan sebuah titik pada bidang koordinat kartesius
b. Menggambar
garis melalui sebuah titik dan tegak lurus sumbu y
c. Menggambar
garis melalui sebuah titik dan tegak lurus sumbu x
d. Menggambar
garis yang melalui sebuah titik yang tidak tegak lurus terhadap sumbu x dan tidak
tegak lurus terhadap sumbu y
3. Materi Remidial
a. Menentukan
letak titik terhadap sumbu x dan sumbu y
b. Menentukan
posisi titik tertentu terhadap titik asal
c. Menentukan
posisi garis yang sejajar terhadap sumbu x dan sumbu y
E. Metode Pembelajaran
Discovery learning dengan pendekatan
saintifik
F. Media, Bahan dan alat
LCD, papan tulis berpetak, peta
Spidol warna, kertas berpetak,
penggaris
G. Sumber Belajar
Buku siswa kelas VIII terbitan Kemendikbud
Buku guru kelas VIII terbitan Kemendikbud
H. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 jam pelajaran)
Kegiatan
|
Uraian Kegiatan
|
Rencana
Waktu
|
Penda-huluan
|
1.
Guru
memberi salam dan mengajak siswa berdoa, dilanjutkan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran
siswa;
2.
Guru memberi motivasi
belajar tentang pentingnya posisititikterhadapsumbu-x
dansumbu-y pada system koordinat dalam kehidupan
sehari-hari;
3.
Guru mengajukan
pertanyaan yang mengkaitkan dengan pelajaran sebelumnya
4.
Siswa menyimak tujuan belajar dan hasil belajar
yang diharapkan akan dicapai dalam pertemuan;
5.
Siswa
menyimakinformasitentang cara belajar yang akan ditempuh
6.
Guru menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai
7.
Guru menyampaikan
rencana kegiatan yang akan dilakukan hari ini yaitu dengan kerja kelompok, individu,
observasi
|
10 menit
|
Inti
|
1. Mengamati:
Peserta didik melakukan pengamatan pada masalah 1.1 halaman 5 :
|
20 menit
|
2.
Menanya:
Peserta Didik membuat
pertanyaan yang berkaitan dengan bentuk aljabar yang disajikan pada kegiatan
mengamati.Sepertipadabukusiswahalaman
7 berikut :
|
10 menti
|
|
3.
Mengumpulkan informasi:
Peserta Didik secara berkelompok
mengumpulkan data atau informasi pada buku siswa halaman 7 s/d 8
|
15 menit
|
|
4.
Mengolah informasi:
Peserta
didik menalar atau mengolah informasi sebagaimanapadabuku
siswahalaman 8 s/d 9
|
10menit
|
|
5.
Mengkomunikasikan:
Siswa
diminta mempresentasikan jawaban di depan kelas, kelompok lain menanggapi,
sebagaimana sekenario pada Buku Siswa halaman 9
|
10 menit
|
|
Penutup
|
1.
Secara klasikaldanmelalui Tanya jawabmembuatrangkuman.
2.
Secara individu Siswa melakukan refleksi (penilaian diri) tentang
hal-hal yang telahdilakukanselama
proses belajar pada pertemuan hari ini.
Siswa mengembangkan sikap
bersyukur.
3.
Peserta
didik mengerjakan pekerjaan rumah ( PR ), yaitumengerjakansoal-soalpada Buku
Siswalatihan 1.1 halaman
11 s/d 12
|
5 menit
|
Pertemuan
Ke-2 (3 Jam pelajaran)
Kegiatan
|
Uraian Kegiatan
|
Rencana
Waktu
|
Penda-huluan
|
1.
Guru
memberi salam dan mengajak siswa berdoa, dilanjutkan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran
siswa;
2.
Guru memberi motivasi
belajar tentang pentingnya posisititikterhadaptitikpusatdantitik
lain pada system koordinat dalam kehidupan
sehari-hari;
3.
Guru mengajukan
pertanyaan yang mengkaitkan dengan pelajaran sebelumnya
4.
Siswa
menyimak tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai dalam
pertemuan;
5.
Siswamenyimakinformasicara belajar yang akan ditempuh
6.
Guru menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai
7.
Guru menyampaikan
rencana kegiatan yang akan dilakukan hari ini yaitu dengan kerja kelompok, individu,
observasi
|
10 menit
|
Inti
|
1. Mengamati:
Peserta didik melakukan pengamatan pada masalah 1.2 halaman 13 :
|
20 menit
|
6.
Menanya:
Peserta
Didik membuat pertanyaan yang berkaitan dengan posisititikterhadaptitikasaldantitik lain
yang disajikan pada kegiatan mengamati.Sepertipadabukusiswahalaman
15 berikut :
|
10 menti
|
|
7.
Mengumpulkan informasi:
Siswa
secara berkelompok mengumpulkan data atau informasi pada buku siswa “alternative
pemecahanmasalah “ halaman 13 s/d 14
|
30
menit
|
|
8.
Mengolah informasi:
PadatahapmengolahinformasiSiswamengerjakandanmendiskusikanpadaayomenalarsebagaimanapadabuku
siswahalaman 15 s/d 16
|
20 menit
|
|
9.
Mengkomunikasikan:
Siswa
diminta mempresentasikan jawaban di depan kelas, kelompok lain menanggapi,
sebagaimana sekenario pada Buku Siswa halaman 16
|
25
menit
|
|
Penutup
|
1.
Secara klasikaldanmelalui Tanya jawabmembuatrangkuman
2.
Secara individu Siswa melakukan refleksi (penilaian diri) tentang
hal-hal yang telahdilakukanselama
proses belajar pada pertemuan hari ini.
Siswa mengembangkan sikap
bersyukur.
3.
Peserta
didik mengerjakan pekerjaan rumah ( PR ), yaitumengerjakansoal-soalpada Buku
Siswalatihan 1.2 halaman
21 s/d 22
|
5 menit
|
Pertemuan
ke-3 (3 jam pelajaran)
Kegiatan
|
Uraian Kegiatan
|
Rencana
Waktu
|
Penda-huluan
|
1.
Guru
memberi salam dan mengajak siswa berdoa, dilanjutkan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran
siswa;
2.
Guru memberi motivasi
belajar tentang pentingnya system
koordinat dalam kehidupan sehari-hari;
3.
Guru mengajukan
pertanyaan yang mengkaitkan dengan pelajaran sebelumnya
4.
Siswa menyimak tujuan belajar dan hasil belajar
yang diharapkan akan dicapai dalam pertemuan;
5.
Siswamenyimakinformasitentang cara belajar yang akan ditempuh
6.
Guru menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai
7.
Guru menyampaikan
rencana kegiatan yang akan dilakukan hari ini yaitu dengan kerja kelompok, individu,
observasi
|
10 menit
|
Inti
|
1. Mengamati:
Peserta didik melakukan pengamatan pada masalah 1.4 halaman 23 - 24 :
|
20 menit
|
10.
Menanya:
Peserta
Didik membuat pertanyaan yang berkaitan dengan bentuk aljabar yang disajikan
pada kegiatan mengamati.Sepertipadabukusiswahalaman
25 berikut :
|
10 menti
|
|
11.
Mengumpulkan informasi:
Peserta Didik secara berkelompok
mengumpulkan data atau informasi pada buku siswa halaman 25 s/d 27, yaitu mencari jawaban untuk pertanyaan di bawah ini :
|
30
menit
|
|
12.
Mengolah informasi:
Padamengolahinformasi, mengerjakansoalpada Ayo Menalar, BukuSiswahal.
28
|
20 menit
|
|
13.
Mengkomunikasikan:
Pada tahap
mengkomunikasikan, Siswa diminta mempresentasikan jawaban di depan kelas,
kelompok lain menanggapi, sebagaimana sekenario pada Buku Siswa halaman 9
|
25
menit
|
|
Penutup
|
1.
Secara klasikal dan melalui Tanya jawab membuat rangkuman.
2.
Secara individu Siswa melakukan refleksi (penilaian diri) tentang
hal-hal yang telah dilakukan
selama proses belajar pada pertemuan hari ini. Siswa
mengembangkan sikap bersyukur.
3.
Peserta
didik mengerjakan pekerjaan rumah ( PR ), yaitu mengerjakan soal-soal pada Buku Siswa latihan 1.3 halaman 33 s/d 34
|
5 menit
|
Pertemuan
ke-4
Kegiatan
|
Uraian Kegiatan
|
Rencana
Waktu
|
Penda-huluan
|
1.
Guru
memberi salam dan mengajak siswa berdoa, dilanjutkan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran
siswa;
|
10 menit
|
Inti
|
1. Mengamati:
Peserta didik melakukan pengamatan pada masalah 1.4 halaman 23 - 24 :
|
20 menit
|
14.
Menanya:
Peserta
Didik membuat pertanyaan yang berkaitan dengan bentuk aljabar yang disajikan
pada kegiatan mengamati.Sepertipadabukusiswahalaman25
berikut :
|
10 menit
|
|
15.
Mengumpulkan informasi:
Peserta Didik secara berkelompok
mengumpulkan data atau informasi pada buku siswa halaman 25 s/d 27, yaitumencarijawabanuntukpertanyaan di
bawahini :
|
30
menit
|
|
16.
Mengolah informasi:
Padamengolahinformasi, mengerjakansoalpada Ayo Menalar, BukuSiswahal.
28
|
20 menit
|
|
17.
Mengkomunikasikan:
Pada tahap
mengkomunikasikan, Siswa diminta mempresentasikan jawaban di depan kelas,
kelompok lain menanggapi, sebagaimana sekenario pada Buku Siswa halaman 9
|
25
menit
|
|
Penutup
|
4.
Secara klasikaldanmelalui Tanya jawabmembuatrangkuman.
5.
Secara individu Siswa melakukan refleksi (penilaian diri) tentang
hal-hal yang telahdilakukanselama
proses belajar pada pertemuan hari ini.
Siswa mengembangkan sikap
bersyukur.
6.
Peserta
didik mengerjakan pekerjaan rumah ( PR ), yaitumengerjakansoal-soalpada Buku
Siswalatihan 1.3 halaman
33 s/d 34
|
5 menit
|
I.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilain sikap (spiritual dan Sosial)
Terlampir
b. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)
Tes Tertulis
a)
Pilihan ganda
b)
Uraian/esai
2)
Tes Lisan
© Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman
siswa.
c. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1)
Proyek, pengamatan, wawancara’
© Mempelajari buku teks dan sumber lain
tentang materi pokok
© Menyimak tayangan/demo tentang materi
pokok
2)
Portofolio / unjuk kerja
3)
Produk,
2. Pembelajaran Remidial
Berdasarkan
analisis penilaian, bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar diberikan
kegiatan pembelajaran dalam bentuk remidial yaitu :
a.
Pembelajaran ulang, jika 50% atau lebih
siswa belum mencapai ketuntasan
b.
Pemanfaatan tutor sebaya jika 11 – 49%
siswa belum mencapai ketuntasan
c.
Bimbingan perorangan jika 1 – 10% siswa
belum mencapai ketuntasan
3. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan
analisis penilaian, bagi siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan
kegiatan pembelajaran dengan betuk pengayaan yaitu tugas berupa proyek (merencanakan, membuat produk, dan
laporan) pembuatan satu makanan dari bahan pangan buah segar yang lain
Klaten , Juli 2017
Mengetahui
Kepala MTs Negeri Gantiwarno Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Zainudin Kholid,M.Pd Mamik Junaidah,S.Pd
NIP. 196905021996031001 NIP.197607182007012024
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN TERTULIS
(Bentuk Uraian)
1.
Gambarlah Rumah Tono
sesuai posisi sebagai berikut sebagai berikut:
Misalkan
: Smbu x jalan ke Timur dan Barat
Sumbu y jalan ke Utara dan Selatan
Rumah
Tono terletak 50 meter dari Jalan arah Utara- Selatan dan 40 meter dari
arah Timur dan Barat, trrletak di kwadran I
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar